Inilah Tips Merawat Burung Merpati Kolong untuk Menghadapi Perlombaan

Inilah Tips Merawat Burung Merpati Kolong untuk Menghadapi Perlombaan

Iis saat memandikan burung merpati yang akan di ikuti lomba merpati kolong | Rengki/jejamo.com

Memelihara burung merpati saat ini menjadi kegemaran banyak orang di Provinsi Lampung. Ada berbagai jenis ketangkasan yang diterapkan para pemelihara burung merpati salah satunya kolong.

Iis, salah satu pecinta ketangkasan burung merpati jenis kolong, asal Kotabumi Lampung Utara, mengatakan, melatih burung merpati agar bisa siap untuk mengikuti perlombaan lumayan sulit.

“Juga butuh waktu lumayan lama. melatih merpati tidak bisa sendiri harus dilakukan bersama teman yang menyukai merpati. Biasanya saya melatih merpati pada sore hari,” jelasnya kepada jejamo.com, Rabu,.

Iis mengaku melatih ketangkasan burung merpati kolong sudah menjadi hobinya tiap pulang kerja. Untuk mempersiapkan burung merpatinya mengikuti perlombaan di Simpang Nakau Candimas Kotabumi Lampura mendatang, ia melakukan sejumlah persiapan.

“Merpati juga butuh kecerdasan, ketangkasan dan kecepatan untuk menyambar pasangan. Merpati perlu dilatih secara rutin agar saat mengikuti lomba burung sudah terbiasa. Mulai dari kecepatan saat terbang dan paham saat melintasi kolong yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Bukan hanya, lanjutnya, dari segi makan merpati juga perlu diperhatikan. “Makanan merpati menggunakan jagung selain itu diberi beras merah dan madu dicampur kuning telur bebek supaya mendapatkan vitamin yang cukup,” jelasnya.

Setelah memberikan makan, imbuhnya, merpati  juga di jemur pada pagi hari untuk melatih napas burung saat terbang bisa memiliki napas yang panjang, cepat untuk menyambar pasangan yang berada di tangan.

Popular posts from this blog

Ciri-Ciri Merpati Yang Sudah Berumur (Tua)

Cara Mengobati Penyakit Merpati Goham

Merpati Turun Seperti Bom Atau Dorr